Ruang DiskusiArtikelStudi Kasus: Spiral Wound Gasket Spesial 3 STAR untuk Aplikasi Reaktor di Industri Petrokimia

Studi Kasus: Spiral Wound Gasket Spesial 3 STAR untuk Aplikasi Reaktor di Industri Petrokimia

Sealing
calendar icon20/06/2023
view icon86
article thumbnail

LATAR BELAKANG: Salah satu reaktor di sebuah pabrik iindustri petrokimia mengalami kebocoran. Setelah 11 tahun sejak pertama kali reaktor tersebut dibuka akhirnya harus dibuka kembali untuk penggantian gasket pada sistem sambungan atau joint­-nya. Sesuai dengan fungsi utamanya yaitu sebagai komponen pencegah atau pengeblok kebocoran, gasket yang sebelumnya digunakan adalah spiral wound gasket special dengan ukuran yang besar, tanpa outer dan inner ring dengan data teknis sebagai berikut:

  • Dimensi Gasket : ID 2600 mm x OD 2638 mm x Thk 6.4 mm.
  • Material Gasket : SS 304 + Graphite
  • Media : Oligomer
  • Tekanan : 5 bar
  • Suhu : 360°C
  • Aplikasi : Reaktor



OBSERVASI: Spiral wound gasket dengan ukuran yang cukup besar memiliki peran yang sangat krusial dalam mengeblok kebocoran pada aplikasi reaktor di pabrik industry petrokimia ini. Oleh karena itu, manajemen industry tersebut mengambil keputusan untuk melakukan shut down sementara dan mempercayakan kepada Fajar Benua Group untuk memasok spiral wound gasket special dengan merk andalannya, 3 STAR. Tim Fajar Benua Group segera melakukan observasi mendalam. Spiral wound gasket spesial ini membutuhkan perlakuan khusus karena beresiko cukup tinggi. Sehingga, risk assessment dilakukan dengan sangat teliti oleh Tim Engineering Fajar Benua Group. Selanjutnya, technical drawing dikirimkan ke end user beserta panduan metode pengemasan, pengiriman, serta pemasangan.

SOLUSI YANG DITAWARKAN: Fajar Benua Group memberikan solusi berupa spiral wound gasket special 3 STAR dengan memprioritaskan kecepatan dan ketepatan, serta layanan engineering. Proses produksi dilakukan oleh manufaktur yang merupakan unit bisnis Fajar Benua Group dengan sangat teliti di tengah Batasan waktu yang sempit sesuai dengan kebutuhan end user. Selanjutnya, Fajar Benua Group juga diminta untuk melakukan supervisi saat proses pemasangan. Dengan mengacu pada panduan pemasangan gasket spesial yang sudah disiapkan oleh Tim Engineering, supervisi pemasangan dilakukan selama 6 hari. Dengan kerjasama yang baik antara Fajar Benua Group dengan end user, proses pemasangan spiral wound gasket special 3 STAR berjalan dengan baik dan end user puas dengan solusi yang diberikan.


Informasi lebih lanjut, silakan kunjungi fajarbenua.co.id


thumb up iconSuka(0)
view icon86kali dilihat

Komentar (0)

Anda harus masuk untuk memberikan jawaban.