Ruang DiskusiArtikelJenis-jenis Gasket Berdasarkan Kegunaannya

Jenis-jenis Gasket Berdasarkan Kegunaannya

Sealing
calendar icon18/10/2022
view icon211
article thumbnail


Selain fungsi utamanya sebagai perekat dua objek, gasket memiliki kegunaan yang lebih spesifik lagi. Hal ni karena gasket memiliki jenis yang beragam. Berikut beberapa jenis gasket berdasarkan fungsi dan kegunaannya:

Metal C-Ring Gasket
Metal C-Ring Gasket digunakan pada low pressure dan low vacuum. Alat ini memiliki kelebihan utama sebagai penyimpan energi. Penggunaannya pun cocok sebagai tempat duduk objek berukuran kecil. Metal C-Ring Gasket ini memiliki fungsi yang baik, namun harganya relatif cukup mahal.

Metal Spring Energizing Ring Gasket
Metal Spring Energizing Ring Gasket memiliki sifat yang mirip dengan Metal C-Ring Gasket. Namun yang membuatnya berbeda adalah penggunaannya yang cenderung self-energizing. Gasket jenis ini ini hanya digunakan pada media berukuran besar. Hal inilah yang menyebabkan setting load gasket ini juga cukup tinggi, sehingga harganya cukup mahal.

Metal U-Ring Gasket
Metal U-Ring Gasket yang umumnya dipasang pada sambungan objek rata. Tidak hanya itu, komponen ini juga mumpuni untuk menyatukan dua benda sejajar. Hasil perekatannya pun sangat maksimal jika diberi gaya dan tekanan yang tinggi. Misalnya pada rangkaian bertekanan hingga 12.000 psi (828 bar)

Metal O-Ring Gasket
Metal O-Ring Gasket bersifat reusable atau bisa digunakan kembali. Meski demikian, perlu untuk memastikan keadaan benda ini tidak memiliki kerusakan sebelum digunakan kembali. Jika terjadi kerusakan pada bagian tertentu, gasket ini tidak dapat digunakan kembali. Oleh karena itu, jika ingin menggunakan Metal O-Ring Gasket (reused), pastikan kondisinya masih cukup baik.
Dibandingkan dengan jenis gasket lainnya, Metal O-Ring Gasket dikenal cukup mahal karena fungsinya yang dapat menahan tekanan dan temperatur tinggi. Namun pemakaiannya pun bergantung pada kebutuhan.

Spiral Wound Gasket
Spiral Wound Gasket bersifat fleksibel karena dapat dibongkar-pasang. Oleh karena itu, peletakannya tidak selalu pada sambungan dua buah objek. Ketika gasket ini sudah tidak digunakan, sebaiknya Anda melepaskannya. Penggunaan gasket ini pada dasarnya menyesuaikan keadaan. Jika sambungan mulai renggang, Anda bisa merekatkannya kembali.

Jenis gasket ini cukup mumpuni pada tekanan tinggi. Hal ini karena bahan dasar penyusunnya memang khusus. Gasket ini tersusun dari campuran bahan graphite, ceramic paper, asbestos, dan mika.

Flat Gasket
Sesuai dengan namanya, gasket ini berfungsi untuk mencegah kebocoran pada permukaan objek yang rata. Pemasangan alat ini bisa pada bagian luar maupun bagian dalam sesuai dengan kebutuhan. Meski terkena temperatur dan tekanan tinggi, gasket ini masih termasuk yang tahan lama.


thumb up iconSuka(0)
view icon211kali dilihat

Komentar (0)

Anda harus masuk untuk memberikan jawaban.

user avatar
Julius Lumentut

Sekretaris/Administrasi

Thus, as an IT Consultant, he continues to develop various approaches to suit various IT development needs by presenting the best solutions.

Rekomendasi Artikel