Ruang DiskusiArtikelMetal vs Fabric

Metal vs Fabric

Flexible Joint
calendar icon18/10/2022
view icon79
article thumbnail


Pertanyaan – Bagaimana expansion joint non metal (fabric) dibandingkan dengan metal expansion joint dalam aplikasi Flue Duct ?
Jawaban mari kita bahas dibawah ini
Non metallic (fabric) expansion joint adalah penghubung yang fleksibel yang dirancang untuk :

  • Menerima pelepasan tegangan dari sistem ducting dengan cara menyerap pergerakan yang disebabkan oleh perubahan thermal.
  • Peredam kejut.
  • Dalam beberapa hal berfungsi untuk mengatasi ketidak lurusan pembuatan ducting atau peralatan.

Fabric expansion joint diproduksi dari berbagai material termasuk karet synthetic, fabric, material isolasi dan fluoroplastic tergantung kepada peruntukannya. Perancangan mulai dari yang sederhana (satu lapisan) hingga yang kompleks (lebih dari satu lapisan), konstruksi yang lebih dari satu lapisan dipasang pada frame untuk pengoperasian yang ekstrim baik dari temperatur maupun tingkat korosinya.
Expansion joint metal berfungsi sama halnya dengan expansion joint fabric, tetapi expansion joint metal dilengkapi dengan bellows yang terbuat dari plat lembaran yang dibentuk menjadi beberapa convolution yang berfungsi sebagai komponen yang fleksibel. Bellows ditempelkan kepada pipe end atau flange dengan cara dilas.
Kebanyakan expansion joint metal berbentuk bulat, tetapi ada juga yang berbentuk kotak dengan sambungan sudut yang runcing atau yang bulat, tergantung kepada aplikasi yang diperlukan dilapangan. Kekuatan dan kekakuan metal expansion joint adalah satu keuntungan dalam beberapa aplikasi, tetapi harus diperhitungkan pula kekakuan relatif dan permasalahan metal fatique nya. Bagaimanapun performa expansion joint metal dapat ditentukan secara lebih presisi dari pada fabric maupun rubber expansion joint
Dengan berbagai peraturan rancangan, pembuat metal expansion joint dapat menentukan kondisi pengoperasian dan umur pemakaian. Expansion jointmemiliki fleksibilitas didalam sistemducting dan digunakan dalam ke empat situasi berikut ini :

  • Ekspansi atau kontraksi ducting yang diakibatkan oleh perubahan temperatur.
  • Mengisolasi komponen untuk meminimalkan efek vibrasi atau noise.
  • Pergerakan komponen selama pengoperasian.
  • Mengatasi ketidak lurusan pemasangan / instalasi.

Keuntungan Expansion Joint fabric dibandingkan EJ Metal sbb:

  • Mentolelir pergerakan yang besar dalam jarak yang pendek, dengan mengurangi jumlah expansion joint, akan mengurangi biaya yang harus dikeluarkan.
  • Kemampuan menerima pergerakan ducting dalam berbagai arah secara serentak, mengijinkan seorang perancang ducting untuk mengakomodasi pergerakan dalam berbagai arah dengan sedikit dan sesederhana mungkin expansion joint.
  • Dibutuhkan daya yang rendah untuk menggerakan expansion joint, dengan rendahnya spring rate, membuatnya mampu untuk mengisolasi tegangan pada peralatan yang memiliki tegangan yang relatif rendah. Sebagai contoh dalam gas turbine exhaust, sangatlah krusial untuk menhilangkan tegangan dari frame expansion joint terhadap duct gas turbine.
  • Konstruksi material yang tahan karat, menjadikannya mampu dioperasikan dalam kondisi lingkungan kimia yang agresif.
  • Ketahanan terhadap noise dan vibrasi.
  • Mudah dalam pemasangan dan pemeliharaan.
  • Meminimalkan biaya penggantian.

Keuntungan EJ Metal dibandingkan EJ Fabric sbb :

  • Kemampuan menahan temperature external yang tinggi, dengan adanya external insulation expansion joint dapat bertahan pada suhu diatas 550 deg F atau dapat ditempatkan dekat dengan sumber panas.
  • Kemampuan menahan tekanan/pressure yang tinggi.
  • Mengakomodasi fluktuasi tekanan/pressure.
  • Umur pemakaian expansion joint dapat diperkirakan, dengan peraturan perancangan yang komprehensive dapat ditentukan kondisi pengoperasian dan umur pakainya sehingga cost investment / maintenance cost dapat diminimalkan.

Baik metal maupun non metal expansion joint adalah suatu komponen yang sangat krusial dalam sistem flue duct. Pemilihan yang benar untuk performa yang efektif tergantung kepada aplikasi yang spesifik. Di samping ini adalah tabel perbandingan antara metal dengan fabric expansion joint.


thumb up iconSuka(0)
view icon79kali dilihat

Komentar (0)

Anda harus masuk untuk memberikan jawaban.

user avatar
Julius Lumentut

Sekretaris/Administrasi

Thus, as an IT Consultant, he continues to develop various approaches to suit various IT development needs by presenting the best solutions.

Rekomendasi Artikel

Informasi Produk Rubber Expansion Joint
18/10/2022
STAMPED – Panduan dalam pemilihan Hose
18/10/2022
Definisi Expansion Joint Fabric
18/10/2022
Apa itu Pantograph
18/10/2022
Metal Flexible Hose
18/10/2022
Rubber Hose Vs Composite Hose
18/10/2022