Ruang DiskusiArtikelJenis Expansion Joint Metal yang Layak Anda Ketahui

Jenis Expansion Joint Metal yang Layak Anda Ketahui

Flexible Joint
calendar icon18/10/2022
view icon110
article thumbnail


Expansion Joint Metal adalah elemen kompensasi untuk ekspansi termal dan gerakan relatif. Mereka terdiri dari satu atau lebih selubung logam, konektor di kedua ujungnya, dan batang pengikat yang bergantung pada aplikasinya. Expansion joint memiliki kegunaan di berbagai sektor, seperti produksi energi, industri kimia, pengolahan air, minyak dan gas. Getaran yang tidak perlu dalam sistem dapat merusak sistem serta peralatan di sekitarnya secara parah. Expansion Joint Metal  membantu mengisolasi getaran ini, serta meredam kebisingan dan lonjakan tekanan. Ada berbagai jenis pemuaian logam yang melayani berbagai tujuan, yang dijelaskan di bawah ini.

Berbagai jenis Expansion Joint Metal


Gimbal metal expansion joints
Sambungan ekspansi gimbal dirancang untuk memungkinkan rotasi sudut di bidang apa pun dengan menggunakan dua pasang engsel yang ditempelkan pada cincin gimbal mengambang yang umum. Sederhananya, sambungan ekspansi gimbal ganda terdiri dari dua sambungan ekspansi gimbal tunggal dan pipa perantara menghubungkannya satu sama lain. Keuntungan dari pengaturan ini adalah kemampuan untuk menyerap gerakan lateral yang besar di setiap bidang di setiap ujungnya.
 


Hinged metal expansion joints
Hinged metal expansion joints adalah rakitan logam yang dapat berputar dalam satu bidang, digunakan untuk menyerap perubahan akibat ekspansi atau kontraksi termal pipa. Mereka termasuk engsel, melekat pada ujung sambungan ekspansi dengan sepasang pin, yang memungkinkan gerakan sudut dalam satu bidang, menahan tekanan dorong, dan mencegah sambungan ekspansi dari defleksi secara aksial (axial) , baik dalam ekstensi atau kompresi. engsel harus digunakan dalam set dua atau tiga. Engsel sambungan ekspansi menyediakan gerakan sudut dan akan menahan gaya dorong tekanan.
 


Universal metal expansion joints
Universal metal expansion joints berisi dua bellow dengan beberapa lilitan yang disambungkan dengan pipa tengah atau spul. Sambungan ini, juga dikenal sebagai sambungan ekspansi bellow ganda atau tandem digunakan untuk tujuan menyerap kombinasi gerakan aksial (axial) , lateral (Lateral), atau sudut (angular) dalam sistem perpipaan.
Ketika gerakan lateral terlalu berlebihan untuk menampung satu sendi ekspansi aksial atau ketika ada batasan jumlah gaya lateral yang diperbolehkan pada pipa atau peralatan penghubung, sambungan ekspansi universal dipasang untuk mengakomodasi gerakan ini.


Inline pressure balanced metal expansion joints
Inline pressure balanced metal expansion joints dirancang untuk menyerap gerakan aksial yang diberlakukan secara eksternal tanpa memaksakan beban tekanan pada sistem. Ini dilakukan dengan menggunakan dua bellow pada tekanan garis yang diikat bersama dan bertindak dalam arah yang berlawanan. Ini digunakan di mana beban tekanan pada pipa atau peralatan tidak dapat diterima. Sementara sambungan menyeimbangkan gaya tekanan, gaya yang diperlukan untuk memindahkan sambungan itu sendiri tidak seimbang. Jika ada defleksi aksial (axial), dan penahan tidak praktis karena alasan struktural atau ekonomi, seperti tinggi di udara atau pipa lurus pendek yang berjalan di antara dua bejana besar, sambungan ekspansi pipa seimbang tekanan in-line adalah solusi yang ampuh untuk masalah desain yang sulit.

Elbow pressure balanced metal expansion joints
Elbow pressure balanced metal expansion joints atau sambungan ekspansi bantuan sudut adalah jenis sambungan ekspansi seimbang tekanan, yang digunakan di mana gaya dorong tekanan pada peralatan atau perpipaan tidak dapat diterima dan arah sistem pipa juga berubah. Untuk memahami keuntungan utama dari sambungan ekspansi seimbang tekanan siku, penting untuk memahami bagaimana sambungan ekspansi biasa memengaruhi sistem pipa tempat ia dipasang.

Axial expansion metal expansion joints
Axial expansion metal expansion joints dirancang untuk menerima gerakan ekstensi dan kompresi dalam arah longitudinal. Ketika sambungan ekspansi menekan atau memanjang, itu menyebabkan seluruh panjang meningkat atau menurun. Jika dalam sistem perpipaan, sambungan ekspansi aksial dirancang tanpa palang penahan, pipa akan membutuhkan titik tetap dan jangkar yang tepat untuk mengatasi gaya reaksi yang dihasilkan oleh bellow.
 

Lateral expansion metal expansion joints
Lateral expansion metal expansion joints bekerja dengan cara yang sama seperti sambungan ekspansi berengsel. Ini menggunakan kemampuan bellow untuk berputar ke arah sudut. Kemampuan gerakan lateral adalah hasil dari rotasi sudut bellow dan jarak pusat ke pusat. Semakin jauh jarak antara bellow, semakin besar kapasitas pergerakannya

Pressure switch metal bellows metal expansion joints
Pressure switch metal bellows metal expansion joints dirancang untuk membuat kontak listrik ketika tekanan yang ditetapkan tercapai. Sakelar ini dapat dirancang untuk menutup atau membuka pada tekanan naik atau turun. Banyak industri termasuk otomotif dan diesel menggunakan jenis sakelar ini untuk mempertahankan operasi sistem yang optimal.


thumb up iconSuka(0)
view icon110kali dilihat

Komentar (0)

Anda harus masuk untuk memberikan jawaban.

user avatar
Julius Lumentut

Sekretaris/Administrasi

Thus, as an IT Consultant, he continues to develop various approaches to suit various IT development needs by presenting the best solutions.

Rekomendasi Artikel

Informasi Produk Rubber Expansion Joint
18/10/2022
STAMPED – Panduan dalam pemilihan Hose
18/10/2022
Metal vs Fabric
18/10/2022
Definisi Expansion Joint Fabric
18/10/2022
Apa itu Pantograph
18/10/2022
Metal Flexible Hose
18/10/2022
Rubber Hose Vs Composite Hose
18/10/2022