Ruang DiskusiArtikelMetal Expansion Joint, Fungsi dan Jenisnya

Metal Expansion Joint, Fungsi dan Jenisnya

Flexible Joint
calendar icon18/10/2022
view icon117
article thumbnail


Mengacu berdasarkan EJMA (Expansion Joint Manufacture Association), Metal Expansion Joint adalah suatu perangkat yang terdiri dari satu atau dua bellows yang digunakan untuk menyerap (absorb) perubahan dimensi yang diakibatkan oleh thermal expansion atau kontraksi pada suatu sistem perpipaan, ducting, dan vesel. Metal Expansion Joint juga terkadang dapat digunakan untuk meredam getaran. Adapun beberapa fungsi lain dari Metal Expansion Joint adalah absorb thermal movement,  absorb axial, lateral, angular & torsion movement, dan withstand pressure thrust.
Terdapat berbagai jenis Metal Expansion Joint, diantaranya:

  • Single Expansion Bellows: Mempunyai satu bellows, mampu mengakomodasi pergerakan axial compression & expansionlateral, dan angular movement. Jenis expansion joint ini tidak dapat menahan internal pressure thrust, dan desin perpipaan harus terdapat sistem terpisah untuk menahan pressure thrust.
  • Universal Expansion Bellows: Mempunyai dua bellows yang dihubungan dengan spool pipe, mampu menyerap pergerakan axial dan lateral yang lebih besar dibanding dengan Single Expansion Joint.
  • Tied Expansion Bellows: Mempunyai satu bellows, total panjang dibatasi oleh tie rod, dimana acceptable untuk menahan pressure thrust. Ketika didesain untuk menahan pressure yang tinggi biasanya tidak acceptable untuk meng-absorb pergerakan axial movement dan hanya untuk menyerap pergerakan lateral. Jika expansion joint ini didesain dengan 2 tie rod maka juga dapat menyerap pergerakan angular.
  • Double Tied Expansion Bellows: Terdiri dari dua bellows yang dihubungkan dengan spool pipe, didesain untuk menyerap pergerakan lateral movement yang besar karena di-provide dangan menggunakan tie rod, maka jenis expansion joint ini mampu untuk menahan pressure thrust, tidak dirancang unntuk menyerap pergerakan axial, dan apabila dedesain dengan menggunakan lebih dari dua tie rod maka pergerakan angular tidak acceptable.
  • Hinge Expansion Bellows: Mempunyai single bellows dan panjangnya dibatasi dengan additional hinge mechanism dimana sangat kuat untuk menahan pressure thrust dan hanya bisa menyerap pergerakan angular dalam satu sumbu.
  • Hinge Universal Expansion Bellows: Terdiri dari dua bellows yang dihubungkan dengan spool pipe, kemampuan untuk menahan pressure thrust didapatkan dari hinge assebly pad setiap bellows, dan juga hanya diijinkan untuk menyerap pergerakan angular pada satu sumbu.
  • Slotted Hinge Expansion Bellows: Banyak varian dari tipe “hinge“, walaupun di-provide untuk meng-absorb angular movementaxial movement bisa di-accept dikarenakan hinge pin dapat bergerak dan di dalam desain ada slot pada konstruksi hinge-nya. Struktur hinge dapat didesain untuk menahan full pressure thrust.
  • Multiply Exhaust Expansion Bellows: Didesain untuk mengeliminasi vibrasi dan spesifik untuk me-relieve stresses dari turbocharger dan meng-isolate exhaust dari kerusakan yang diakibatkan oleh vibrasi.
  • Gimbal Expansion Joint: Didesain dengan menggunakan single bellows dan terdapat keunikan dalam menahan pressure thrust di structure dan dapat menyerap pergerakan angular movement di dua sumbu. Struktur terdiri dari dua hinge mechanism.
  • Gimbal Universal Expansion Bellows: Ada kesamaan dengan hinge universal. Didesain dengan kemampuan mengabsorpsi large lateral movement in any plane.



thumb up iconSuka(0)
view icon117kali dilihat

Komentar (0)

Anda harus masuk untuk memberikan jawaban.

user avatar
Julius Lumentut

Sekretaris/Administrasi

Thus, as an IT Consultant, he continues to develop various approaches to suit various IT development needs by presenting the best solutions.

Rekomendasi Artikel

Metal vs Fabric
18/10/2022
Informasi Produk Rubber Expansion Joint
18/10/2022
STAMPED – Panduan dalam pemilihan Hose
18/10/2022
Definisi Expansion Joint Fabric
18/10/2022
Apa itu Pantograph
18/10/2022
Rubber Hose Vs Composite Hose
18/10/2022
Metal Flexible Hose
18/10/2022