Ruang DiskusiArtikelRemovable Insulation Thermal Jacket

Removable Insulation Thermal Jacket

Insulation
calendar icon18/10/2022
view icon85
article thumbnail

Removable Insulation Thermal Jacket adalah produk insulasi yang banyak digunakan di berbagai sektor industri. Seperti namanya, berasal dari kata “insulation” yang berarti menahan atau mengurangi panas, maka produk ini berfungsi untuk menahan atau mengurangi temperatur panas sesuai kebutuhan pada berbagai quipment industri. Dalam menjalankan fungsinya, Removable Insulation Thermal Jacket menjaga proses kondensasi yang terjadi, yang artinya juga menjaga energy.
Panas yang timbul pada berbagai equipment perlu dijaga karena dapat berefek buruk pada manusia. Oleh karena itu, Removable Insulation Thermar Jacket dibutuhkan. Namun, perlu diketahui bahwa Removable Insulation Thermal Jacket selain dapat menahan panas juga dapat digunakan untuk menahan dingin.
Yang membuat Removable Insulation Thermal Jacket ini berbeda dari traditional insulation terletak pada saat maintenance dilakukan. Bila menggunakan traiditional insulation, maka otomatis harus dibuang dan tidak dapat digunakan kembali. Sedangakan Removable Insulation Thermal Jacket karena bersifat removable, maka dapat digunakan kembali. Sama seperti halnya jaket manusia, bagian yang dibuka bisa hanya pada bagian tertentu sesuai kebutuhan.
Nampaknya, produk ini tidak banyak digunakan pada industri yang tidak banyak memerlukan maintenance. Tetapi bagi equipment yang memerlukan tingkat rutinitas maintenance yang tinggi, maka Removable Insulation Thermal Jacket sangat diperlukan. Sebut saja engine valve dan turbine engine.

Selain keunikan pada jenisnya yang removable atau dapat dibongkar pasang, life time atau usia pemakaiannya pun cukup panjang, yakni hingga 5 – 7 kali pembongkaran atau sekitar 3 tahun dengan asumsi maintenance setiap 6 bulan sekali.

Ketika hendak memesan atau membuat produk ini, data parameter menjadi sangat penting. Yang pertama, size atau ukuran akan equipment yang akan menggunakan produk ini harus diukur secara akurat. Dengan ukuran yang akurat, maka akan didapat Removable Insulation Thermal Jacket yang fit atau sesuai ukuran.

Dengan demikian, produk ini akan dapat secara maksimal menjaga kondensasi yang terjadi. Yang kedua yaitu data surface temperature, dan yang ketiga adalah keinginan akan touch temperature atau temperature bagian luar yang diinginkan agar dapat diukur dan diketahui seberapa besar temperature panas yang akan dikurangi.
Lalu yang keempat yaitu lokasi equipment yang akan menggunakan Removable Insulation Thermal Jacket ini di indoor atau outdoor, karena lokasi yang berbeda akan menentukan design bahan yang akan digunakan. Dan yang kelima yaitu space yang tersedia antar equipment agar disesuaikan ketebalan bahan yang digunakan sehingga tidak berbenturan dengan equipment lainnya.

Secara design, kontruksi dari Removable Insulation Thermal Jacket terdiri dari 2 bagian, yaitu yang terkait dengan penyentuhan panasnya langsung dan bagian cover-nya. Bagian inner, yaitu bagian yang berperan pada ketahanan panas. Sedangkan bagian outer cover-nya berperan terhadap lingkungan sekitar. Sedangkan pada isi tengah adalah insulation-nya. Jadi, core dari kontruksi produk ini ada di bagian insulation. Pemilihan material insulation yang tepat, mempengaruhi kemampuannya dalam me-reduce panas.

Bagian lain yang tidak kalah penting adalah fastening atau kancing. Pemilihan kancing pun juga ditentukan berdasarkan dengan kebutuhan yang disesuaikan pada aplikasi di lapangan.


thumb up iconSuka(0)
view icon85kali dilihat

Komentar (0)

Anda harus masuk untuk memberikan jawaban.

user avatar
Julius Lumentut

Sekretaris/Administrasi

Thus, as an IT Consultant, he continues to develop various approaches to suit various IT development needs by presenting the best solutions.

Rekomendasi Artikel