Ruang DiskusiArtikelPressure Vessel

Pressure Vessel

General Fabrication
calendar icon18/10/2022
view icon44
article thumbnail


Pressure vessel biasa disebut dengan Bejana Tekan, merupakan tempat (wadah) tertutup yang dirancang dan digunakan untuk menampung cairan atau gas (fluida), dengan tekanan kerja lebih besar dari tekanan atmosfir (lingkungan) sekitarnya.
Biasanya bejana tekan digunakan untuk bermacam–macam aplikasi di berbagai sektor industri, terutama pada sektor industri kimia(petrochemical plant), pembangkit energi (power plant), industri minyak dan gas (oil and gas), dan berbagai industri lainnya.
Dalam postingan ini tidak membahas secara detail tentang apa itu Pressure Vessel maupun fungsinya, akan tetapi lebih kepada sisi construction dari Vessel itu sendiri. Dalam dunia Engineering maupun Construction terdapat dua jenis vessel dilihat dari orientasi pemasangannya, yaitu:

  • Vertical Vessel (biasa disebut dengan istilah “Column”)
  • Horizontal Vessel (biasa disebut dengan istilah “Vessel”)

Dalam pemasangan Pressure vessel dibutuhkan penyangga/support.Support pada Vessel dibedakan menjadi 3 yaitu Support Skirt, Support Saddle dan Support leg .

1. Support Skirt
Jenis support ini diperuntukan untuk vertical vessel , bentuknya ada yang lurus berdiameter sama dengan vessel ada juga yang bentuknya semi mengerucut (seperti “skirt” atau rok).

Gambar di atas merupakan contoh support skirt. Gambar sebelah kiri yang berwarna merah merupakan skirt untuk bentuk yang lurus. Sedangkan yang kanan untuk bentuk mengerucut.
Penggunaan kapan harus menggunakan bentuk lurus dan mengerucut salah satunya bergantung pada faktor transportasi dari port ke site.

2. Support Saddle.
Bentuk support ini dikhususkan untuk Horizontal Vessel.


3. Support Leg
Sesuai dengan namanya, bentuk support ini seperti “kaki”. Digunakan pada Vertical vessel (Column)


thumb up iconSuka(0)
view icon44kali dilihat

Komentar (0)

Anda harus masuk untuk memberikan jawaban.

user avatar
Julius Lumentut

Sekretaris/Administrasi

Thus, as an IT Consultant, he continues to develop various approaches to suit various IT development needs by presenting the best solutions.

Rekomendasi Artikel