Ruang DiskusiArtikelJenis Flange Berdasarkan ANSI

Jenis Flange Berdasarkan ANSI

General Product
calendar icon18/10/2022
view icon75
article thumbnail

Pengertian Flange, suatu komponen atau alat yang digunakan untuk menyambungkan atau menggabungkan antara dua sistem pemipaan atau menggabungkan dengan equipment lainnya menjadi satu kesatuan yang utuh, dan biasanya flange digunakan untuk menyatukan dan menjadikan satu sambungan yang kuat. Jadi dengan flange ini terutama untuk pipa gas bertekanan tinggi ataupun untuk sistem penyaluran air membutuhkan pipi yang panjang sehingga untuk menyambungkan dua bagian part menjadi satu akan membuat lebih mudah.
Ada pertanyaan, mengapa kalau hanya untuk menyambungkan, kenapa tidak di las atau menggunakan sambungan ulir saja?

Memang kalau kedua pipa di las akan sangat kencang dan kuat penyambungannya, tetapi tujuan utama pengunaan flange ini nantinya dapat di lepas, jadi pipa dengan pipa, atau pipa dengan ekuipmentnya nantinya dapat di lepas kembali. Sedangkan kalau mengunakan ulir, akan sangat rawan bocor. disamping itu, ASME B16.5 telah mengatur untuk dimensi dan toleransinya
Jenis Flange Berdasarkan ANSI
 
Flange tipe Threaded

Kalau kita amati, sekilas flange yang satu ini lebih mirip dengan gasket. Akan tetapi sebenarnya jenis ini merupakan flange dengan tipe ulir yang digunakan untuk menyatukan beberapa bagian menjadi satu. Secara umum bisa dikatakan alat ini merupakan penyambung pipa.
Flange tipe ini biasanya digunakan untuk pipa gas yang bertenakan tinggi dan paling banyak jenis yang disambungkan dengan alat yang satu ini merupakan pipa gas dengan tekanan tinggi. Tentunya untuk jenis pipa ini terbuat dari bahan dengan ketebalan tinggi sehingga alat ini sangat bermanfaat untuk menggabungkan beberapa bagian dari pipa tersebut nantinya.

Flange Tipe Weldneck

Dinamakan demikian, karena bentuk dari flange ini seperi memiliki leher yang mengerucut dan mengecil di ujungnya. Tujuan kenapa ujungnya semakin mengecil, untuk dapat mengakomodasi pipa atau selang yang lebih kecil, Flange tipe ini biasanya digunakan untuk pipa gas yang bertekanan tinggi.
Flange Tipe Slip-on dan Lap Joint

Pada jenis ini antara slip-on dan lap joint jika dilihat sekilas keduanya memiliki kemiripan serta fungsi dari kedua jenis ini sama. Yaitu menggabungkan dengan pipa utama agar tahan dan tidak menimbulkan celah antara sambungan pipa satu dengan yang lainnya.
Mengingat jika terjadi celah atau kebocoran hal tersebut akan sangat merugikan baik dampaknya terhadap alam maupun para pekerja yang memperbaiki pipa ini nantinya.
Flange Tipe Soket

Soket flange, jenis flange pipa ini mirip dengan slip-on, hanya saja pada sisi terluar dari flange terdapat tahanan yang menyebabkan pipa yang dimasukan ke dalamnya tidak tembus.

5. Reducing Flange
Reducing flange, jenis flange yang satu ini memiliki fungsi untuk mengabungkan pipa yang memiliki diameter berbeda.

6. Blind Flange

Untuk blind flange ini merupakan bagian akhir dari jenis sambungan pada pipa. Disebut blind flange karena posisi dari flange yang satu ini adalah penghalang terakhir dari pipa. Jadi bagian ini digunakan untuk bloking aliran fluida bisa di katakan saluran terakhir pada bagian ini merupakan bagian yang cukup rentan.

Karena bagian ini akan menerima tekanan yang cukup tinggi dari dari posisi awal pipa berasal atau bisa dikatakan merupakan penahan terakhir.

Mengingat nantinya setiap flange ini mengisi atau menempati berapa bagian yang memiliki resiko yang berbeda dengan lainnya. Jadi tidak perlu heran ketika anda mendapati beberapa jenis flange terbuat dari komposisi bahan yang berbeda-beda.

Melalui ulasan di atas, flange pipa pada dasarnya merupakan bagian penting dalam konstruksi pipa. Fungsi utamanya sebagai penyambung elemen pipa perlu diperhatikan dalam pemasangannya. Selain itu, jenis tekanan fluida pun harus disesuaikan dengan jenis flange yang digunakan.


thumb up iconSuka(0)
view icon75kali dilihat

Komentar (0)

Anda harus masuk untuk memberikan jawaban.

user avatar
Julius Lumentut

Sekretaris/Administrasi

Thus, as an IT Consultant, he continues to develop various approaches to suit various IT development needs by presenting the best solutions.

Rekomendasi Artikel